Ternyata Begini Cara Kerja VTEC Milik Honda

ikan paksa beberapa katup bila diperlukan, untuk mengoptimalkan aliran udara dan mencapai idling mesin yang stabil, serta meningkatkan kehalusan pada putaran mesin rendah hingga menengah.

Mesin yang pertama menggunakan sistem REV ini ialah sepeda motor Honda CBR400F pada tahun 1983.

Dari teknologi REV yang digunakan pada mesin sepeda motor, Honda memutuskan untuk mengembangkan teknologi serupa VTEC untuk mobil dengan dua camshaft profile, yakni putaran mesin renda hingga menengah serta untuk menengah hingga putaran atas.

Mobil besutan Honda pertama yang menggunakan VTEC ialah 1989 JDM-spec Integra dan Civic CRX Sir, yang menggunakan mesin DOHC 160hp B16A.

VTEC mulanya dirancang untuk mesin DOHC (Double Overhead Camshaft), Variable Valve Timing dan Lift Electronic Control berperan sebagai switch antara mode menghemat bahan bakar dan mode high performace.

Hal ini dilakukan oleh valve timing yang bergerak pada kecepatan rendah dan profil cam yang kecil pada rpm mesin rendah untuk menekan konsumsi bahan bakar.

Di sisi lain, ketika mesin membutuhkan power lebih, VTEC mempercepat valve timing dan beralih ke profil cam yang lebih besar yang memungkinkan untuk membuka tutup katup lebih lama.

Peralihan dari camshaft low profile dimaksudkan untuk menekan konsumsi bahan bakar, untuk camshaft high profile dimaksudkan untuk meningkatkan daya output yang dilakukan melalui pin pengunci yang menghubungkan dua lobus camshaft independen pada kecepatan mesin tertentu.

SUMBER : otosia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *